Hari Ke-40
KEHIDUPAN-NYA BERARTI KEHIDUPAN


Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.
Yohanes 10:10 (TB)

Hati Yesus adalah hati yang murni. Juru Selamat dipuja ribuan orang, namun DIA merasa puas dengan kehidupan yang sederhana. DIA diurus oleh beberapa perempuan (Lukas 8:1-3), namun tidak pernah dituduh memiliki pikiran yang tidak senonoh; ditolak oleh ciptaan-Nya, namun bersedia mengampuni mereka, bahkan sebelum mereka meminta belas kasihan. Petrus, yang melakukan perjalanan bersama Yesus selama 3,5 tahun, menggambarkan-Nya sebagai “anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat” (1 Petrus 1:19). Setelah menghabiskan rentang waktu yang sama bersama Yesus, Yohanes menyimpulkan, “Di dalam Dia tidak ada dosa” (1 Yohanes 3:5).

Hati Yesus adalah hati yang penuh kedamaian. Para murid khawatir tentang perlunya memberi makan ribuan orang, namun Yesus tidak khawatir. DIA mengucap syukur kepada Allah atas masalah itu. Para murid berteriak-teriak saat terjebak badai, tidak demikian dengan Yesus. DIA tidur selama badai berlangsung.
Petrus menarik pedangnya untuk melawan para prajurit, tetapi Yesus tidak melakukannya. Dia mengangkat tangan-Nya untuk menyembuhkan. Hati-Nya tenang.

Ketika murid-murid-Nya meninggalkan DIA, apakah DIA cemberut dan pulang? Ketika Petrus menyangkal-Nya, apakah Yesus marah? Ketika para prajurit meludahi wajah-Nya, apakah DIA mengembuskan api ke wajah mereka? Jauh dari semua itu. DIA tetap tenang. DIA mengampuni mereka. DIA menolak untuk dikendalikan rasa dendam.

DIA juga menolak untuk dipimpin oleh apa pun selain panggilan agung-Nya. Hati-Nya dipenuhi tujuan. Kebanyakan orang tidak memliki tujuan pasti dan mencapainya. Yesus memiliki satu sasaran – untuk menyelamatkan umat manusia dari dosa mereka. Dia bisa menyarikan kehidupan-Nya daIam satu kalimat: “Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang” (Lukas 19:10).

Pribadi yang sama, yang sudah menyelamatlan jiwa Anda, rindu untuk membentuk ulang hati Anda. Allah bersedia mengubah kita menjadi serupa dengan Sang Juru Selamat. Mari kita terima tawaran ini!