Gerakan Baca Alkitab Bersama – GBAB GKA Zion Bali

A. Latar Belakang
Tahun 2021 akan menjadi tahun ke-5 GBAB GKA Zion dilaksanakan. Diawali oleh Program Komisi Wanita di 2017 yg kemudian menjadi program untuk semua jemaat hingga 2020 ini. Dengan demikian setidaknya telah 3 kali proses pembacaan Alkitab dari Kejadian s/d Wahyu telah dilakukan. Tahun 2020 adalah putaran ke-4 tahun ke-1 dalam proses pembacaan Alkitab yang akan diselesaikan dalam 3 tahun sehingga tahun 2021 merupakan tahun ke-2 dengan harapan akan melibatkan lebih banyak peserta (jemaat) yang bersedia bertekun dalam merenungkan Firman-Nya.

B. Tujuan
Gerakan Baca Alkitab ini bertujuan:
1). Memupuk kecintaan jemaat akan Firman Tuhan dengan cara membaca dan merenungkannya (Mazmur 1).
2). Menyadarkan jemaat bahwa Alkitab/Firman Tuhan adalah kebutuhan pokok/dasar kehidupan orang percaya.
3). Mengingatkan jemaat bahwa Alkitab adalah Wahyu Khusus Allah yg diberikan agar kita mengerti Sejarah Keselamatan, kehendak & pimpinan Allah.
4). Jemaat bersedia & membuka hati untuk dibentuk oleh Kebenaran Firman Tuhan (2 Timotius 3).
5). Program ini seiring dengan salah satu dari 6 Indikator tema besar GKA ZION – Gereja yg meletakkan Alkitab sebagai Firman Allah.
6). Keselarasan dg Implementasi Tema GKA Zion Bali 2021 – ALKITAB SUNGGUH BENAR ( Pembaca & Pelaku Firman TUHAN )

C. Rancangan Pelaksanaan Program
1). Preparasi.
Langkah-langkah persiapan yang harus dilakukan meliputi persiapan materi, sistem & SDM sebagai mentor.
a. Materi: Alkitab (TB) dg merujuk pada Daftar Bacaan yg terambil dari santapan harian, di mana kali ini kita tidak membaca selesai dalam 1 tahun namun dalam waktu 3 tahun
b. Pembacaan 1/7 – artinya dilakukan secara serentak oleh jemaat (yg bersedia mengikutinya) dg materi yang sama dan di dalam kelompok baca yg setiap kelompoknya beranggotakan 7 pembaca.
c. Mempersiapkan mentor yg membantu mengingatkan & mengontrol proses pembacaan (Gembala Wilayah, Pengurus atau Pribadi yg dipercayakan, dll)
d. Menyediakan panduan yang berisi materi bacaan setahun sekaligus sebagai checker pembacaan.
e. Bila memungkinkan – diharapkan peserta/jemaat mengunduh aplikasi Tafsiran Alkitab yg menampilkan penjelasan/perenungan/tafsiran versi Santapan Harian yg dapat menolong jemaat untuk lebih mudah memahami bacaan Alkitab mereka.

2). Presentasi.
Daftar bacaan Alkitab ini akan dipresentasikan kepada jemaat melalui para mentor di mana mereka akan dibekali dengan bahan yang akan dikirim melalui WA/HP

D. Penutup
Sekalipun kita dapat melakukan berbagai pendekatan untuk melaksanakan program ini – baik secara teknik (technical approach), secara sistem (systemic & systematic approach), secara materi (material approach), pendekatan yang lain, namun jangan lupa bahwa kita berada di dalam ranah hati manusia yang mungkin tidak taat, tidak setia dan tidak bersedia untuk senantiasa dibentuk oleh Firman-Nya sehingga pendekatan rohani (spiritual approach) dan pendekatan pribadi (personal approach) harus lebih banyak dikedepankan. Dengan demikian bagi setiap kita yang dipercayakan harus lebih banyak berdoa memohonkan kuasa & campur tangan Tuhan; bersedia memotivasi diri untuk membangun relasi dengan lebih baik dan dengan tidak dibuat bisa menjadi teladan bagi orang lain, khususnya para anggota Pembaca Alkitab.

Kasih karunia dan penyertaan-Nya selalu tersedia bagi kita. Tuhan memberkati kita & pelayanan kita bersama